Home Insight

Webinar Jumat 5 Juni 2020

Posted by Nah'R Murdono Law Office 05 Jun 2020

WEBINAR Nah’R Murdono Law Office : " Pengadaan Barang BUMN Secara Umum Dalam Perspektif Legal”

Jumat, 5 Juni 2020
Pukul 10.00 - 11.00 WIB
via Zoom Webinar

Narasumber :
1. Arif Wicaqsana (Senior Associate)
2. Panji Anom(Associate)

Notes: Mohon untuk mengisi kolom email dengan email YANG TELAH DIDAFTARKAN PADA ZOOM

Link Pendaftaran: http://tiny.cc/registrasiwebinarMLO

 

 

SUMMARY WEBINAR MLO 5 JUNI 2020

“PENGADAAN BARANG BUMN SECARA UMUM DALAM PERSPEKTIF LEGAL”

 

Pengadaan Barang dan Jasa adalah kegiatan untuk mendapatkan barang dan jasa yang dilakukan oleh BUMN dimana pembiayaannya berasal dari anggaran BUMN yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai dengan serah terima hasil pekerjaan. Pada prinsipnya, Pengadaan Barang dan Jasa di Indonesia diatur dalam Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Nomor PER-08/MBU/12/2019 tahun 2019 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Badan Usaha Milik Negara (“Permen BUMN 08/2019”) serta peraturan pengadaan barang dan/atau jasa yang berlaku di lingkungan internal masing-masing BUMN, Perusahaan Afiliasi BUMN dan Perusahaan Terafiliasi BUMN.

 

Dalam menyelenggarakan pengadaan barang/jasa, BUMN terlebih dahulu wajib memilih metode pengadaan yang akan digunakan, dimana metode pengadaan barang/jasa tersebut antara lain melalui (i) Tender Terbuka/Seleksi Umum; (ii) Tender Terbatas/Seleksi Terbatas; (iii) Penunjukan Langsung; atau (iv) Pengadaan Langsung. Kemudian, setelah BUMN menentukan metode pengadaan yang akan digunakan, dipersiapkan lah dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses pengadaan tersebut.

 

Beberapa hal yang juga wajib menjadi sorotan adalah terkait bentuk dan kualifikasi penyedia pengadaan barang/jasa. Pada umumnya bentuk peserta pengadaan dapat berupa single company atau dalam bentuk konsorsium. Sedangkan, kualifikasi yang harus dipenuhi untuk menjamin value for money terbaik bagi BUMN yang membutuhkan suatu barang/jasa antara lain terdiri dari (i) Persyaratan Administrasi; (ii) Persyaratan Teknis; (iii) Persyaratan keuangan; dan (iv) pengguna dapat menentukan persyaratan kualifikasi lainnya sesuai kebijakan internalnya.

 

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka pada tanggal 5 JUNI 2020 yang lalu, MLO telah mengadakan Webinar dengan tajuk “Pengadaan Barang BUMN Secara Umum dalam Perspektif Legal”, dimana dalam webinar tersebut turut dibahas hal-hal mengenai:

  1. Metode Pengadaan;
  2. Metode Penyampaian Penawaran;
  3. Bentuk Dokumen Pengadaan;
  4. Bentuk dan Kualifikasi Penyedia;
  5. Jaminan yang Disyaratkan;
  6. Pengenaan Sanksi;
  7. Pemesanan dan Serah Terima Barang;
  8. Garansi Barang; dan
  9. Masa Pemeliharaan dan Penyelesaian K

 

Lebih lanjut, di dalam Webinar juga dibahas hal-hal yang pada umumnya terjadi pada praktek pengadaan barang/jasa di Indonesia, sehingga dengan adanya pembahasan ini diharapkan para peserta webinar tidak hanya memahami proses pengadaan barang/jasa dari sisi teori namun juga dari sisi praktek.

 

Share:

We Work Alongside with You,
Alleviating Your Legal Concern for Your Business Success

Nah'R Murdono Law Office

Nah’R Murdono Law Office or known as MLO is an Indonesian law firm based in Jakarta which specialized in providing legal advice to corporations. Our partners have more than 30 years of experience in the corporate world and legal practice, supported by highly talented and uniquely recruited lawyers. Our area of expertise includes electricity, mining and natural resources, corporate transaction and restructuring, energy; geothermal; and gas, procurement, investment, engineering; procurement; construction, general corporate, arbitration and dispute resolution.

DROP US A LINE
© 2020 . All rights reserved   Terms of usePrivacy policy.
Terms of usePrivacy policy

© 2020 . All rights reserved