Home Insight

Webinar Jumat, 12 Juni 2020

Posted by Nah'R Murdono Law Office 09 Jun 2020

WEBINAR Nah’R Murdono Law Office : "FSRU Berdasarkan Hukum Indonesia”

Jumat, 12 Juni 2020
Pukul 10.00 - 11.00 WIB
via Zoom Webinar

Narasumber :
1. Widya Sari (Senior Associate)
2. Septiani Dwi Astila (Senior Associate)

Notes: Mohon untuk mengisi kolom email dengan email YANG TELAH DIDAFTARKAN PADA ZOOM

Link Pendaftaran: http://tiny.cc/registrasiwebinarMLO

 

SUMMARY WEBINAR MLO 12 JUNI 2020

FSRU BERDASARKAN HUKUM INDONESIA

 

Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) merupakan struktur terapung berupa kapal/barge yang di dalamnya dilengkapi dengan fasilitas untuk menyimpan dan untuk melakukan regasifikasi terhadap Liquefied Natural Gas (LNG) yang berbentuk cair menjadi Gas dan kemudian disalurkan kepada pengguna/pembeli untuk dimanfaatkan. Sehingga, pada prinsipnya hukum positif yang mengatur mengenai kegiatan utama FSRU di Indonesia adalah terkait kegiatan pengusahaan Gas bumi, khususnya kegiatan usaha hilir Gas bumi yaitu Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pengusahaan Gas Bumi pada Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi (Permen ESDM 4/2018). Namun demikian, oleh karena FSRU juga merupakan suatu fasilitas/infrastruktur yang berbentuk kapal, maka secara hukum kegiatan usaha atau pengoperasian terhadap FSRU juga terkait dengan kegiatan usaha pelayaran sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran (UU 17/2008).

 

Kendatipun demikian, kami menyadari bahwa masih kurangnya pembahasan dan penjabaran khusus mengenai persyaratan badan usaha dan pengoperasian FSRU secara umum berdasarkan Hukum Indonesia. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka pada tanggal 12 Juni 2020 yang lalu, MLO telah mengadakan Webinar dengan tajuk “FSRU berdasarkan Hukum Indonesia”, dimana dalam webinar tersebut turut dibahas isu-isu mengenai:

  1. Gambaran Umum;
  2. FSRU dalam Kegiatan Usaha Gas Bumi;
  3. FSRU dalam Kegiatan Usaha Pelayaran; dan
  4. Pengoperasian FSRU.

 

Bahwa, secara umum pengoperasian Kapal di Indonesia dilakukan oleh badan usaha yang khusus didirikan untuk kegiatan pelayaran, serta memiliki pembatasan kepemilikan modal asing maksimal sebesar 49% (dalam hal kapal yang dioperasikan adalah 5000 GT atau lebih). Oleh karena kegiatan utama FSRU adalah kegiatan pengusahaan Gas bumi maka dalam pengoperasian FSRU, selain memenuhi perizinan di bidang usaha hilir Gas bumi atau Izin Penyimpanan Gas Bumi, juga diperlukan Surat izin Usaha Perusahaan Angkutan Laut (SIUPAL), dimana pemegang SIUPAL merupakan badan usaha yang khusus didirikan untuk kegiatan pelayaran sebagai operator Kapal.

 

Lebih lanjut, di dalam Webinar juga dibahas hal-hal yang pada umumnya terjadi pada praktek pengoperasian FSRU di Indonesia yang dapat dilakukan melalui suatu kerjasama operasi antara badan usaha pemegang kedua izin tersebut dengan pengguna/pembeli Gas bumi. Dengan demikian  diharapkan para peserta webinar tidak hanya memahami konsep FSRU dari sisi teori namun juga dari sisi praktek.

 

Share:

We Work Alongside with You,
Alleviating Your Legal Concern for Your Business Success

Nah'R Murdono Law Office

Nah’R Murdono Law Office or known as MLO is an Indonesian law firm based in Jakarta which specialized in providing legal advice to corporations. Our partners have more than 30 years of experience in the corporate world and legal practice, supported by highly talented and uniquely recruited lawyers. Our area of expertise includes electricity, mining and natural resources, corporate transaction and restructuring, energy; geothermal; and gas, procurement, investment, engineering; procurement; construction, general corporate, arbitration and dispute resolution.

DROP US A LINE
© 2020 . All rights reserved   Terms of usePrivacy policy.
Terms of usePrivacy policy

© 2020 . All rights reserved